Info Tekno – LCD Laptop merupakan salah satu komponen laptop yang lumayan mahal biayanya apabila terjalin penggantian akibat rusak. Rusaknya LCD laptop ini memanglah diakibatkan oleh banyak aspek, dapat sebab aspek bawaan dari pabrik maupun aspek manusia yang memakainya ialah di perlakuan serta metode menjaga LCD laptop itu sendiri.

Kasus yang kerap dialami oleh pengguna laptop antara lain merupakan LCD dengan tampilan bergaris, tampilan bergetar, corak kurang tajam, serta missing color. Kasus ini banyak dirasakan oleh LCD yang masih memakai inverter ataupun neon bagaikan backlightnya. serta sebagian besar kehancuran LCD sulit ditangani kecuali dengan penggantian.

Baca Juga : 7 Cara Praktis Merawat Keyboard Laptop Agar Tahan Lama

Bersumber pada pengalaman, kehancuran LCD laptop disebakan oleh VGA module nya kurang baik secara kualitasnya. VGA module tersusun oleh VGA chipset, kabel flexibel, konektor flexibel ke LCD, konektor flexibel ke mainboard, serta inverter. Ini merupakan kehancuran LCD laptop yang diakibatkan oleh aspek bawaan dari pabrik pembuatannya.

Aspek lain pemicu kehancuran LCD laptop merupakan sebab pemakaian serta metode menjaga LCD laptop yang kurang benar. Laptop tidak sama dengan Komputer desktop yang lebih kokoh serta tahan apabila kita nyalakan seharian. Terus menjadi lama laptop dinyalakan hendak menimbulkan panas yang kelewatan di dalam laptop itu sendiri meski telah terdapat sarana pendinginan di dalam laptop.

Perihal ini diakibatkan oleh ruang kosong yang lebih kecil bila dibanding dengan Komputer desktop biasa. Panas pada laptop inilah yang menimbulkan kehancuran pada laptop, yang salah satunya merupakan LCD laptop yang rusak.

Gimana metode menjaga LCD laptop supaya awet serta tahan lama?

  1. Bilas LCD laptop secara berkala dengan memakai cairan spesial pembersih LCD laptop.
  2. Jangan memakai laptop lebih dari 3 jam berturut- turut, matikan dekat 10 menit, setelah itu sobat dapat menghidupkan kembali laptop.
  3. Buat pemakaian dalam waktu lama pakai coolingpad yang bermutu ialah coolingpad yang memakai adaptor sendiri, bukan yang mengambil dari USB laptop.
  4. Pakai contras serta brightness lagi pada pengaturan LCD laptop.
  5. Atur LCD time off kala laptop tidak digunakan di menu power option windows.
  6. Membuka serta menutup LCD laptop dengan benar ialah dengan memegangnya dari kedua sisi kanan kirinya, bukan dari atasnya, sebab di bagian atas terdapat blok yg rentan rusak.

Demikian metode menjaga LCD laptop supaya awet serta tahan lama.